Sunday 12 October 2014

Telematika





 
Apa itu Telematika ?

Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.


Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).[1]

Dari pengertian yang ada, saya menyimpulkan bahwa telematika, diambil dari kata Telekomunikasi dan Informatika yaitu sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memadukan antara media telekomunikasi dengan perkembangkan teknologi informatika. yang memungkinkan adanya perkembangan dalam teknologi komunikasi dari yang awalnya hanya melalui kirim surat, sampai zaman sekarang ini bisa melalui email dan video chat.

Kelebihan dan Kekurangan  Telematika ?
Kelebihan Telematika :

  • Menekan biaya transaksi dalam berbisnis dengan memanfaatkan internet dalam e-business.
  • Meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat dengan internet dalam e-government.
  • Memberikan nilai tambah bagi masyarakat dalam bidang kesehatan dan pendidikan.
  • Meningkatkan perekonomian nasional yang dimanfaatkan oleh masyarakat dalam membangun bisnis dengan menggunakan teknologi internet (e-commerce).
  • Sebagai core bisnis industri, perdagangan, efisiensi dan peningkatan daya saing perusahaan.
Kekurangan telematika :
  • Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet yang merugikan.
  • Penyebaran virus atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.

Dari kumpulan informasi diatas, penulis menyarankan Telematika merupakan sebuah pengembangan teknologi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas. Tetapi dalam proses perjalanannya harus diimbangi oleh pengawasan dan pemeliharaan yang memadai. Juga diikuti dengan kolaborasi antar penyedia layanan seperti Internet Provider, Pemerintah hingga masyarakatnya saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul dari teknologi ini.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://timokomit.wordpress.com/2012/10/30/apa-itu-telematika-dan-bagaimana-perkembangannya-di-indonesia/

3 comments:

  1. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    ReplyDelete
  2. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    ReplyDelete
  3. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    ReplyDelete