Friday 2 December 2011

1200 Sepeda di Taipei Art Museum


Sebuah struktur kristal terbuat dari 1200 sepeda ditangguhkan membentang dari lantai ke langit-langit di Taipei Fine Arts Museum, dengan kursi dan pedal pada sepeda di copot, frame sepeda dilas bersama-sama ke dalam satu struktur besar. ini adalah karya dari seniman Ai Weiwei sebagai bagian dari sebuah pameran berjudul  “Ai Weiwei, Absent.”




British magazine Art Review menerbitkan sebagai Karya yang Luar Biasa pada 2011, Ai bahkan tidak dapat hadir di pameran seni sendiri. Ai dikenal karena karya-karyanya tentang kritik perubahan sosial Cina, Ai ditahan pada bulan April sebagai bagian dari tindakan keras China terhadap para aktivis dan saat ini sedang dilarang meninggalkan Beijing. Dalam sebuah pamflet untuk acara itu, ia menulis bahwa ketidakmampuannya untuk menghadiri acara "Seni adalah bagian dari saya, Jati diri saya dan Budaya Negara saya"


Ai menyatakan bahwa 'Selamanya Sepeda' adalah "bentuk abstrak bergerak yang melambangkan cara di mana lingkungan sosial di China berubah." Apakah maksud ‘sepeda’ tersebut adalah simbol positif atau negatif itupun tidak diketahui, namun pengamat teori mereka sendiri, melihat pesan dari kekuatan rakyat, kemerdekaan, tetapi juga demokrasi dan kurangnya identitas pribadi di negara Komunis.


Pameran, tentang dokumentasi pembuatan, fotografi, dan video oleh Ai, akan dipajang di Taipei Fine Arts Museum sampai 29 Januari 2012.

No comments:

Post a Comment